logo atas pa

Written by Dandi Narendra, S.H on . Hits: 492

10 Juni 1

Bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sinjai, pada Jumat (10/6/2022) telah diselenggarakan Rapat Kinerja Bulanan serta Rapat Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas. Dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Sinjai Ibu Laila Syahidan, S.Ag., M.H., rapat turut dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sinjai Bapak H. Anwar, Lc., Panitera Bapak H. Arifin, S.Ag., M.H., Sekretaris Bapak Nasrun, S.Ag., para Hakim Pengadilan Agama Sinjai, seluruh pejabat struktural dan fungsional Pengadilan Agama Sinjai, dan seluruh karyawan/karyawati tenaga PPNPN/tenaga honorer Pengadilan Agama Sinjai.

Pada kesempatan tersebut, rapat membahas dua mata agenda sekaligus yakni perihal Kinerja Bulanan serta Monitoring dan Evaluasi Zona Integritas Zona Integritas. Terkait dengan Evaluasi Kinerja Bulanan yang dilaksanakan rutin setiap awal bulannya, Ketua Pengadilan Agama Sinjai menyampaikan beberapa poin pokok yang perlu untuk diperhatikan guna mengoptimalisasikan kinerja seluruh jajaran pegawai Pengadilan Agama Sinjai. Pertama, diharapkan agar Panitera dan Sekretaris menyampaikan laporan capaian di bulan sebelumnya terutama terkait dengan realisasi anggaran serta implementasi kegiatan prioritas seperti e-court, prodeo, dan sidang keliling. Kedua, pengawasan terhadap kebersihan lingkungan Pengadilan Agama Sinjai agar ditingkatkan lagi. Ketiga, peningkatan pemanfaatan dan evaluasi penggunaan e-court bagi Pengguna Lain agar dilakukan secara berkala, hal tersebut juga perlu diiringi dengan sosialisasi yang meluas. Keempat, anjuran agar hakim pengawas bidang melakukan pengawasan untuk triwulan kedua. Dan kelima, evaluasi kedisiplinan jajaran pegawai Pengadilan Agama Sinjai. Selain itu, Ketua Pengadilan Agama Sinjai juga menyampaikan agar untuk mencapai target pelaksanaan kegiatan sidang di luar gedung atau sidang keliling, maka internal Pengadilan Agama Sinjai diharapkan untuk gencar melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait sehubungan dengan rencana pelaksanaannya.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan monitoring pembangunan Zona Integritas. Pada awal pembahasan, Ketua Pengadilan Agama Sinjai menyampaikan bahwa terdapat tiga isu strategis yang perlu disikapi oleh Pengadilan Agama Sinjai.

“Ada beberapa isu strategis yang harus menjadi perhatian kita. Pertama, tingginya angka permohonan dispensasi kawin. Hal ini kita sikapi dengan melakukan kerja sama dengan Dinas Kesehatan dan DP3AP2KB Kabupaten Sinjai. Kedua, wilayah Kabupaten Sinjai yang terdiri atas pulau, pegunungan, dan daratan sehingga butuh biaya transportasi yang besar bagi masyarakat untuk menjangkau pengadilan. Mengatasi hal tersebut, kita telah bekerja sama dengan Kantor Pos untuk pengiriman dokumen, ada pula inovasi Si-Alin, dan PTSP Online. Terakhir, banyaknya kepala keluarga yang tidak memiliki buku nikah. Itu kita coba atasi dengan kerja sama dengan Kemenag untuk penerbitan buku nikah serta kerja sama dengan Disdukcapil untuk penerbitan Kartu Keluarga.”, ujar beliau dalam memberi arahan.

Menyikapi isu-isu strategis sehubungan dengan pembangunan Zona Integritas tersebut, Ketua Pengadilan Agama Sinjai menghimbau agar tim Survey Kepuasan Masyarakat menyiapkan laporan triwulan 2 yang diperlukan untuk kemudian ditindaklanjuti guna menakar kepuasan masyarakat tentang pelayanan yang telah diberikan. Lebih lanjut lagi setiap area juga diminta agar memetakan risiko dan risk register untuk setiap bidang di pengadilan baik dari kepaniteraan hingga kesekretariatan. Tak lupa, pencetusan inovasi juga akan terus digalakkan oleh Pengadilan Agama Sinjai untuk setiap areanya. Menutup agenda rapat, Ketua Pengadilan Agama Sinjai menghimbau agar seluruh jajaran pegawai Pengadilan Agama Sinjai memahami lingkup zona integritas dan nilai-nilai dari ASN BerAKHLAK. (DN)

10 Juni 1

Hubungi Kami

info6

Klik gambar untuk akses lebih lanjut

Media

 

Copyright © 2024 Pengadilan Agama Sinjai All Right Reserved